Kamis, 03 Januari 2013

Sepuluh hal penting sebelum hari terakhir berhenti bekerja

Sepuluh hal penting sebelum hari terakhir berhenti bekerjaBerhenti bekerja adalah sebuah dinamika dalam dunia kerja. Banyak alasan kenapa seseorang memutuskan untuk berhenti bekerja dan meninggalkan pekerjaan dari sebuah perusahaan contohnya mendapatkan tawaran pekerjaan baru dari tempat lain, melanjutkan pendidikan yang tidak bisa dijalani bersamaan dengan pekerjaan tersebut, merintis usaha sendiri atau alasan karena lainnya.
Ketika Nearly-Expired Readers menjalani hari pertama bekerja dalam sebuah perusahaan, tentunya semua dimulai dengan cara yang baik. Oleh karena itu ketika mengakhiri karir diperusahaan tersebut maka lakukan dengan cara yang baik juga. Dalam artikel ini Nearly-Expired.com menyajikan sepuluh hal yang disarankan untuk dilakukan sebelum berhenti bekerja.

1. Membuat surat pengunduran diri

Buat surat pengunduran diri resmi sebagai pemberitahuan keinginan berhenti bekerja kepada perusahaan. Ada perusahaan yang mensyaratkan surat pengunduran diri disampaikan secara tertulis pada selembar surat dan ada juga perusahaan mengizinkan surat pengunduran diri disampaikan melalui media e-mail.
Surat pengunduran diri pada dasarnya berisi pernyataan bahwa Nearly-Expired Readers ingin berhenti bekerja beserta tanggal terakhir bekerja, tidak perlu bertele-tele atau menuliskan komplain atas kekecewaan yang Nearly-Expired Readers miliki. Khusus kepada atasan langsung, sebelum menyerahkan surat pengunduran diri, disarankan untuk menyampaikan keinginan berhenti bekerja secara lisan dan langsung.
Umumnya surat pemberitahuan berhenti bekerja diajukan satu bulan sebelum tanggal yang dikehendaki. Jika Nearly-Expired Readers tidak tahu cara penyampaian pemberitahuan berhenti bekerja kepada perusahaan, tanyakan kepada atasan langsung.

2. Bersihkan peralatan kerja dan milik pribadi

Pisahkan semua barang milik pribadi yang berada ditempat kerja. Hapus semua file dan email pribadi yang tersimpan didalam komputer. Pisahkan file yang tersimpan dalam drive server bersama bila tidak diperlukan oleh rekan kerja Nearly-Expired Readers dan satukan dalam daftar serah terima.
Bersihkan meja kerja, lemari dan ruangan kerja fisik lainnya dari sampah dan debu. Setelah sekian lama tempat kerja tersebut menemani Nearly-Expired Readers bekerja lakukanlah pekerjaan bersih-bersih ini dengan sepenuh hati.

3. Tanyakan perihal administratif yang perlu diselesaikan

Buat jadwal pertemuan dengan HR perusahan Anda untuk mengetahui dan mendapatkan konfirmasi masa sisa cuti yang tidak digunakan, uang lembur yang belum dibayar atau program lain yang perlu diketahui. Cari tahu juga kapan tanggal terakhir kapan klaim asuransi dapat diserahkan.
Pada Artikel berjudul: Mengetahui saldo JHT Jamsostek secara online, banyak sekali pertanyaan tentang masalah surat atau data yang diperlukan dari perusahaan lama. Pada tahap seperti ini adalah saat yang tepat untuk menanyakan apakah ada syarat atau informasi lain yang diperlukan untuk pencairan JHT jamsostek dan benefit lainnya.
Cek dengan bagian keuangan apakah ada kewajiban yang belum diselesaikan, misalnya laporan pengeluaran uang yang belum diterima kembali ke perusahaan.
Perlu diingat, mengatur jadwal pertemuan dengan unit terkait seperti HR dan bagian keuangan merupakan kepentingan Nearly-Expired Readers, maka bersikap proaktiflah, jangan menunda dan menunggu agar semua tanggung jawab dan benefit administratif dapat diselesaikan tepat waktu sebelum Nearly-Expired Readers berhenti bekerja

4. Transisi tugas dan tanggung jawab kerja

Bicarakan dengan atasan langsung dan rekan kerja bagaimana mereka ingin transisi tanggung jawab pekerjaan dilaksanakan. Nearly-Expired Readers bisa membuat daftar pekerjaan dan dokumentasi semua pekerjaan yang sudah diselesaikan dan yang masih belum terselesaikan. Hal ini akan memudahkan rekan kerja Nearly-Expired Readers melanjutkan pekerjaan tersebut sampai selesai bahkan setelah Nearly-Expired Readers sudah tidak bekerja ditempat tersebut.
Jika bekerja dengan klien eksternal, tanyakan bagaimana Nearly-Expired Readers harus menyampaikan ke klien bahwa akan terjadi pengalihan kontak atau account ke orang lain.

5. Mintalah referensi atau rekomendasi

Jika Nearly-Expired Readers memutuskan untuk berhenti bekerja karena alasan yang baik dan melakukannya dengan cara yang baik juga, maka Nearly-Expired Readers dapat meminta kesediaan atasan atau rekan kerja lainnya untuk menjadi referensi. Tanyakan kepada mereka apakah mereka lebih memilih dihubungi melalui email atau telpon, dan tanyakan juga nomer telpon atau alamat email mereka yang mana yang bisa dihubungi.
Pastikan kepada mereka bahwa Nearly-Expired Readers akan memberitahukan terlebih dahulu sebelum mencantumkan nama mereka dalam daftar referensi ketika dibutuhkan. Meninggalkan sebuah perusahaan dengan catatan yang baik adalah sebuah investasi untuk perjalanan karir.

6. Perbarui CV atau resume

Luangkan waktu untuk menuliskan semua proyek yang telah dikerjakan selama Nearly-Expired Readers bekerja diperusahaan tersebut. Disarankan juga untuk menuliskan secara terukur pencapaian yang telah Nearly-Expired Readers dapatkan dalam berbagai bidang misalnya: peningkatan transaksi, produktivitas dan penghematan biaya atau hal lainnya.
Memperbarui CV ketika masih bekerja dalam perusahan yang sama sangat menghemat waktu karena semua pekerjaan dan pencapaian yang telah dilakukan masih segar berada dalam ingatan.

7. Jalani hari-hari terakhir sebaik mungkin

Bila sampai menemukan dan membaca artikel ini, kemungkinan besar Nearly-Expired Readers memiliki reputasi yang baik dan memiliki alasan yang baik juga untuk meninggalkan perusahaan tempat bekerja sekarang.
Kendati surat berhenti bekerja sudah dikirimkan, Nearly-Expired Readers tetap merupakan karyawan dari perusahaan sampai tanggal terakhir bekerja. Artinya Nearly-Expired Readers harus tetap bekerja seperti biasa, jangan datang terlambat, pulang lebih awal atau tidak masuk tanpa ada keterangan. Gunakan waktu pada hari-hari terakhir untuk menyelesaikan segala sesuatunya sebelum keluar.

8. Selesaikan segala administrasi pada hari terakhir

Banyak perusahahan yang mensyaratkan karyawan yang akan keluar untuk melakukan wawancara (exit interview), mengisi beragam formulir, menandatangani dokumen yang diperlukan. Selama wawancara bisa saja Nearly-Expired Readers diminta untuk memberikan pendapat tetang bagaimana kepuasan serta budaya bekerja pada perusahaan tersebut.
Jangan gunakan momen ini untuk memberikan kritrik negatif pada individu, sebaliknya Nearly-Expired Readers bisa menyampaikan kritik membangun tentang perusahaan. Pastikan masukan disampaikan secara positif dan memiliki nilai penting. Untuk mengimbangi kritik, Nearly-Expired Readers juga bisa menuliskan atau menyampaikan hal-hal positif yang didapatkan selama bekerja diperusahan itu.

9. Ucapkan selamat tinggal

Kirimkan pesan perpisahan kepada rekan kerja, jika Nearly-Expired Readers tidak berkeberatan silahkan beritahu tempat bekerja baru dan berikan informasi kontak agar hubungan tetap terjalin. Untuk mendapatkan kesan personal kirim kan email ke masing-masing individu, mengirimkan pesan perpisahan melalui email ke banyak orang sekaligus juga boleh. Silahkan untuk menuliskan sekelumit kata tentang kesan positif yang didapatkan selama bekerja.
Manfaatkan beragam situs social network seperti LinkedIn, Facebook, Google+ , Twitter dan lain sebagainya untuk menjalin hubungan dengan rekan kerja yang menurut Nearly-Expired Readers perlu terus dijaga.

10. Tinggalkan kesan positif pada hari terakhir

Bersikap baiklah kepada semua rekan kerja, sekalipun ada diantara mereka yang menyebalkan. Boleh saja Nearly-Expired Readers merasa sangat senang dengan mendapatkan pekerjaan baru, namun bukan berarti Nearly-Expired Readers memiliki alasan untuk mengabaikan mereka, hindari juga terlibat dalam pembicaraan gosip negatif.
Ingatlah bahwah Nearly-Expired Readers telah melakukan banyak untuk menciptakan transisi yang baik, mendapatkan rekomendasi dan menjaga hubungan yang telah ada. Oleh karena itu, tinggalkan kesan positif saat mengakhiri satu babak dalam perjalanan karir sebelum Nearly-Expired Readers berhenti bekerja.

0 komentar:

Posting Komentar

 
bedava - Free Backlink  - www.linkdevi.comLinki Linki Free Backlinkskostenlose backlinksUnlimited Backlink ExchangeFree BacklinksUnlimited Backlink ExchangeFree Automatic LinkMultiple BacklinksStreichquartettAutomatic Backlink ExchangeHochzeitsmusik - StreichquartettHochzeitsmusik - StreichquartettFlorists LinksUnlimited Backlink ExchangeFree BacklinksFree Automatic LinkFree BacklinksPing your blog, website, or RSS feed for FreeFree Automatic BacklinkText Back Links ExchangesWeb Link ExchangeUnlimited Backlink ExchangeFree Backlinks120x90 Plugboard Backlink ExchangeUnlimited BacklinkUnlimited Backlink