Berhenti bekerja adalah sebuah dinamika dalam dunia kerja. Banyak alasan kenapa seseorang memutuskan untuk
berhenti bekerja
dan meninggalkan pekerjaan dari sebuah perusahaan contohnya mendapatkan
tawaran pekerjaan baru dari tempat lain, melanjutkan pendidikan yang
tidak bisa dijalani bersamaan dengan pekerjaan tersebut, merintis usaha
sendiri atau alasan karena lainnya.
Ketika Nearly-Expired Readers
menjalani hari pertama bekerja dalam sebuah perusahaan, tentunya semua
dimulai dengan cara yang baik. Oleh karena itu ketika mengakhiri karir
diperusahaan tersebut maka lakukan dengan cara yang baik juga. Dalam
artikel ini Nearly-Expired.com menyajikan sepuluh hal yang disarankan
untuk dilakukan sebelum
berhenti bekerja.
1. Membuat surat pengunduran diri
Buat
surat pengunduran diri resmi sebagai pemberitahuan keinginan berhenti
bekerja kepada perusahaan. Ada perusahaan yang mensyaratkan surat
pengunduran diri disampaikan secara tertulis pada selembar surat dan ada
juga perusahaan mengizinkan surat pengunduran diri disampaikan melalui
media e-mail.
Surat pengunduran diri pada dasarnya berisi
pernyataan bahwa Nearly-Expired Readers ingin berhenti bekerja beserta
tanggal terakhir bekerja, tidak perlu bertele-tele atau menuliskan
komplain atas kekecewaan yang Nearly-Expired Readers miliki. Khusus
kepada atasan langsung, sebelum menyerahkan surat pengunduran diri,
disarankan untuk menyampaikan keinginan berhenti bekerja secara lisan
dan langsung.
Umumnya surat pemberitahuan berhenti bekerja
diajukan satu bulan sebelum tanggal yang dikehendaki. Jika
Nearly-Expired Readers tidak tahu cara penyampaian pemberitahuan
berhenti bekerja kepada perusahaan, tanyakan kepada atasan langsung.
2. Bersihkan peralatan kerja dan milik pribadi
Pisahkan
semua barang milik pribadi yang berada ditempat kerja. Hapus semua file
dan email pribadi yang tersimpan didalam komputer. Pisahkan file yang
tersimpan dalam drive server bersama bila tidak diperlukan oleh rekan
kerja Nearly-Expired Readers dan satukan dalam daftar serah terima.
Bersihkan
meja kerja, lemari dan ruangan kerja fisik lainnya dari sampah dan
debu. Setelah sekian lama tempat kerja tersebut menemani Nearly-Expired
Readers bekerja lakukanlah pekerjaan bersih-bersih ini dengan sepenuh
hati.
3. Tanyakan perihal administratif yang perlu diselesaikan
Buat
jadwal pertemuan dengan HR perusahan Anda untuk mengetahui dan
mendapatkan konfirmasi masa sisa cuti yang tidak digunakan, uang lembur
yang belum dibayar atau program lain yang perlu diketahui. Cari tahu
juga kapan tanggal terakhir kapan klaim asuransi dapat diserahkan.
Pada Artikel berjudul:
Mengetahui saldo JHT Jamsostek secara online,
banyak sekali pertanyaan tentang masalah surat atau data yang
diperlukan dari perusahaan lama. Pada tahap seperti ini adalah saat yang
tepat untuk menanyakan apakah ada syarat atau informasi lain yang
diperlukan untuk pencairan JHT jamsostek dan benefit lainnya.
Cek
dengan bagian keuangan apakah ada kewajiban yang belum diselesaikan,
misalnya laporan pengeluaran uang yang belum diterima kembali ke
perusahaan.
Perlu diingat, mengatur jadwal pertemuan dengan unit
terkait seperti HR dan bagian keuangan merupakan kepentingan
Nearly-Expired Readers, maka bersikap proaktiflah, jangan menunda dan
menunggu agar semua tanggung jawab dan benefit administratif dapat
diselesaikan tepat waktu sebelum Nearly-Expired Readers berhenti bekerja
4. Transisi tugas dan tanggung jawab kerja
Bicarakan
dengan atasan langsung dan rekan kerja bagaimana mereka ingin transisi
tanggung jawab pekerjaan dilaksanakan. Nearly-Expired Readers bisa
membuat daftar pekerjaan dan dokumentasi semua pekerjaan yang sudah
diselesaikan dan yang masih belum terselesaikan. Hal ini akan memudahkan
rekan kerja Nearly-Expired Readers melanjutkan pekerjaan tersebut
sampai selesai bahkan setelah Nearly-Expired Readers sudah tidak bekerja
ditempat tersebut.
Jika bekerja dengan klien eksternal, tanyakan
bagaimana Nearly-Expired Readers harus menyampaikan ke klien bahwa akan
terjadi pengalihan kontak atau account ke orang lain.
5. Mintalah referensi atau rekomendasi
Jika
Nearly-Expired Readers memutuskan untuk berhenti bekerja karena alasan
yang baik dan melakukannya dengan cara yang baik juga, maka
Nearly-Expired Readers dapat meminta kesediaan atasan atau rekan kerja
lainnya untuk menjadi referensi. Tanyakan kepada mereka apakah mereka
lebih memilih dihubungi melalui email atau telpon, dan tanyakan juga
nomer telpon atau alamat email mereka yang mana yang bisa dihubungi.
Pastikan
kepada mereka bahwa Nearly-Expired Readers akan memberitahukan terlebih
dahulu sebelum mencantumkan nama mereka dalam daftar referensi ketika
dibutuhkan. Meninggalkan sebuah perusahaan dengan catatan yang baik
adalah sebuah investasi untuk perjalanan karir.
6. Perbarui CV atau resume
Luangkan
waktu untuk menuliskan semua proyek yang telah dikerjakan selama
Nearly-Expired Readers bekerja diperusahaan tersebut. Disarankan juga
untuk menuliskan secara terukur pencapaian yang telah Nearly-Expired
Readers dapatkan dalam berbagai bidang misalnya: peningkatan transaksi,
produktivitas dan penghematan biaya atau hal lainnya.
Memperbarui
CV ketika masih bekerja dalam perusahan yang sama sangat menghemat waktu
karena semua pekerjaan dan pencapaian yang telah dilakukan masih segar
berada dalam ingatan.
7. Jalani hari-hari terakhir sebaik mungkin
Bila
sampai menemukan dan membaca artikel ini, kemungkinan besar
Nearly-Expired Readers memiliki reputasi yang baik dan memiliki alasan
yang baik juga untuk meninggalkan perusahaan tempat bekerja sekarang.
Kendati
surat berhenti bekerja sudah dikirimkan, Nearly-Expired Readers tetap
merupakan karyawan dari perusahaan sampai tanggal terakhir bekerja.
Artinya Nearly-Expired Readers harus tetap bekerja seperti biasa, jangan
datang terlambat, pulang lebih awal atau tidak masuk tanpa ada
keterangan. Gunakan waktu pada hari-hari terakhir untuk menyelesaikan
segala sesuatunya sebelum keluar.
8. Selesaikan segala administrasi pada hari terakhir
Banyak
perusahahan yang mensyaratkan karyawan yang akan keluar untuk melakukan
wawancara (exit interview), mengisi beragam formulir, menandatangani
dokumen yang diperlukan. Selama wawancara bisa saja Nearly-Expired
Readers diminta untuk memberikan pendapat tetang bagaimana kepuasan
serta budaya bekerja pada perusahaan tersebut.
Jangan gunakan
momen ini untuk memberikan kritrik negatif pada individu, sebaliknya
Nearly-Expired Readers bisa menyampaikan kritik membangun tentang
perusahaan. Pastikan masukan disampaikan secara positif dan memiliki
nilai penting. Untuk mengimbangi kritik, Nearly-Expired Readers juga
bisa menuliskan atau menyampaikan hal-hal positif yang didapatkan selama
bekerja diperusahan itu.
9. Ucapkan selamat tinggal
Kirimkan
pesan perpisahan kepada rekan kerja, jika Nearly-Expired Readers tidak
berkeberatan silahkan beritahu tempat bekerja baru dan berikan informasi
kontak agar hubungan tetap terjalin. Untuk mendapatkan kesan personal
kirim kan email ke masing-masing individu, mengirimkan pesan perpisahan
melalui email ke banyak orang sekaligus juga boleh. Silahkan untuk
menuliskan sekelumit kata tentang kesan positif yang didapatkan selama
bekerja.
Manfaatkan beragam situs social network seperti LinkedIn,
Facebook, Google+ , Twitter dan lain sebagainya untuk menjalin hubungan
dengan rekan kerja yang menurut Nearly-Expired Readers perlu terus
dijaga.
10. Tinggalkan kesan positif pada hari terakhir
Bersikap
baiklah kepada semua rekan kerja, sekalipun ada diantara mereka yang
menyebalkan. Boleh saja Nearly-Expired Readers merasa sangat senang
dengan mendapatkan pekerjaan baru, namun bukan berarti Nearly-Expired
Readers memiliki alasan untuk mengabaikan mereka, hindari juga terlibat
dalam pembicaraan gosip negatif.
Ingatlah bahwah Nearly-Expired
Readers telah melakukan banyak untuk menciptakan transisi yang baik,
mendapatkan rekomendasi dan menjaga hubungan yang telah ada. Oleh karena
itu, tinggalkan kesan positif saat mengakhiri satu babak dalam
perjalanan karir sebelum Nearly-Expired Readers berhenti bekerja.